17.11.19

Hasil Olah Sampah Organik Perkotaan Jadi Media Tanam Urban Farming Aleo Vera

Memberikan harapan bagi tercapainya Nol Sampah (Zero Waste) dan menjalankan prinsip mengurangi sampah dan memaksimalkan sumber daya (circular economy), hasil dari pengolahan sampah organik yang selama ini terkendala dalam penjualan kompos, kini dapat mendorong produksi lidah buaya. Besar dan luasnya pangsa pasar olahan lidah buaya baik bagi kepentingan industri makanan maupun obat-obatan, memerlukan ribuan Ha budidaya guna memenuhinya.

Diskusi mendalam dengan Mang Oded Danial Walikota Bandung tentang circular economy dari sampah.

Dari pengalaman membangun dan mengelola Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang selama ini dirasakan bermasalah dengan residu atau kompos, kini dapat diikutkan dalam kemitraan bisnis produksi lidah buaya. Besar dan luasnya pangsa pasar olahan lidah buaya baik bagi kepentingan industri makanan maupun obat-obatan, memerlukan ribuan Ha budidaya guna memenuhinya.

Hasil olah lidah buaya telah jadi produk yang baik pasarnya. Produk pangan sehat KECE meliputi sirup, jelly, permen, dodol dan aneka nata de aloe.

Guna memenuhi permintaan pasar aneka olahan lidah buaya ( aloe vera),kini terbuka :
1. Pengguna mesin komposter dan Biodigester dari PT Cipta Visi Sinar Kencana yang memerlukan pemanfaatan kompos padat dan cair berhak mendapatkan layanan budidaya lidah buaya.

2. Berbagai pihak yang berminat dapat juga mengadakan Paket teknologi dan sarana produksi lidah buaya meliputi bibit, pot tanam, media tanam kompos, pupuk cair dan pupuk Tablet setelah memenuhi syarat mengadakan mesin kompos maupun biodigester
Jenis bibit lidah buaya jumbo hasil kultur jaringan dari varietas chinensis ini akan berukuran besar ( lebar daun lebih dari 3 cm, panjang daun lebih dari 70 cm dengan kedalaman akar lebih 30 cm) maka, memerlukan pot besar ukuran mulai 60 liter.  Jika ditanam di kebun, dengan jarak tanam 150 cm x 70 cm, populasi akan mencapai 7500 rumpun/ Ha.


Pelanggan mesin berhak ikuti Pelatihan, mengikatkan diri dalam pemasaran hasil dan bimbingan teknis dalam suatu kerjasama bisnis.

Kemitraan Bisnis

Bagi pelanggan yang telah mesin kompos dan biodigester penghasil biogas dapat meneruskan program kemitraan budidaya hingga penjualan hasil daun. Tiap rumpun media tanaman lidah buaya akan memerlukan 6 kg kompos, sehingga tiap mesin kompos pengolah sampah kapasitas olah sampah 1 ton/ hari ( IPK RK 1T, atau IPK RKE 1T, maupun  ARK 1 T) akan memiliki media tanam guna mendukung bagi 100 rumpun per hari di kebun maupun pot tanaman lidah buaya.

Diskusi mendalam dengan Mang Oded Danial Walikota Bandung tentang circular economy dari sampah.

Konsep Circular Economy berpedoman pada prinsip mengurangi sampah dan memaksimalkan sumber daya yang ada. Pendekatan circular economy ini berbeda dengan ekonomi linear tradisional yang menggunakan model ambil- pakai - buang (take - make - dispose).
Diskusi mendalam dengan Mang Oded Walikota Bandung dan Dirut PD Kebersihan tentang circular economy sampah kota
Pot yang diperlukan dalam budidaya lidah buaya jumbo, karena jenis bibit lidah buaya hasil kultur jaringan dari varietas pilihan akan berukuran besar ( lebar daun lebih 3 cm, panjang daun lebih dari 70 cm), memerlukan pot ukuran minimal 60 liter atau populasi per Ha di kebun dengan jarak tanam 150 cm x 70 cm akan mencapai 7500 rumpun/ Ha.

PT Cipta Visi Sinar Kencana sebagai penyedia paket teknologi memberikan asistensi teknis dalam pengolahan sampah menjadi kompos serta budidaya lidah buaya.

Paket Lengkap

Bibit Lidah buaya (Varietas aloevera chinensis) ukuran berkisar 20-25 cm atau 1 kg bisa untuk 10 bibit  (panjang kurang dari 1 jengkal tangan orang dewasa). Tanaman lidah buaya yang bisa diolah untuk dijadikan minuman dan makanan hanya dari jenis Aloe Chinennsis. Lidah buaya jenis Aloe Chinensis tersebut dapat kita ketahui dari ciri-cirinya bunga berwarna orange, pelepah berwarna hijau muda, pelepah bagian atas agak cekung dan mempunyai totol (binti-bintik) putih di pelepahnya ketika tanaman masih muda.

Sementara varietas lidah buaya untuk tujuan khasiat bagi kesehatan yakni varietas Aloe barbadensis Miller antaranya dijadikan tepung (powder) bagi insustri kosmetik, farmasi dan industri obat farmasi lainnya.


Disamping penyediaan bibit, tersedia pula pupuk kompos GP-5, Pupuk NPK Gramafix Formula Daun serta Pupuk Kompos Organik Cair ( PKC). Dosis kompos, sebagai campuran dengan tanah dan pasir pada tahun pertama 6 kg/ rumpun, memerlukan tambahan 1 botol 500 ml bagi pemeliharaan oleh Pupuk Kompos Cair tahun serta 4 aplikasi pupuk NPK Tablet Gramafix 250 gram/ rumpun/ tahun.

Target budidaya, pasca panen dan pengolahan untuk target pelepah lidah buaya segar dalam program spesifikasi :
1. Pelepah segar,warna hijau terang

2. Berat minimal 700 gram / pelepah

3. Kulit bersih,tidak ada cacat panen, tidak ada goresan,tidak ada luka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar

Berbagi kiat dan pengalaman PT Cipta Visi Sinar Kencana selaku penyedia teknologi biodigester, piroliser, komposter, gasifier [Biophos_kkoGas] berikut (agen hayati, bakteri dan enzim)katalog produk www.kencanaonline.com dengan perjalanan panjangnya dalam pengelolaan sampah, limbah dan biomassa mendukung bioindustri dan bioenergi berkelanjutan.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.