1.9.19

Pengolahan Sampah Kawasan Komersial Bisnis


Hampir di semua kota telah kesulitan mendapatkan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah. Penyebabnya, selain makin terbatasnya lahan yang cocok dan terjangkau harganya, adalah penolakan warga penduduk yang dilintasi truk pengangkut sampah. Terutama bagi kota Metropolitan, seperti Jakarta misalnya. Didalam perhitungan Dinas Lingkungan Hidup DKI, TPA andalan bagi pembuangan sampah Jakarta, yang terletak di Bekasi Jawa Barat ini akan penuh. Disamping itu, daerah perlintasan menuju TPA juga sudah makin penuh dengan perumahan yang akan menigkatkan resistensi warga pada lintasan truk sampah

Mengapa seolah baru tahu atau tersadar sekarang adanya kalkulasi tahun 2021 akan penuh itu ? Apakah karena besarnya kemampuan keuangan, DKI dianggap jago Kumpul -Angkut-Buang ?  Dari latar belakang itulah, berikut fikiran dan usulan sebagai solusinya yakni, pengelolaan harus dijalankan pada skala kawasan terdekat dari timbulan sampah.





Bagi Jakarta, 29 % sampah dihasilkan dari kawasan komersial, bisnis dan niaga yang terkonsolidasi atau terpadu dengan apartemen maupun hotel. Komposisi sampah dari timbulan kawasan demikian dapat dipastikan lebih banyakberturut turut  jenis organik sisa masak dan makan ( kitchen waste), plastik dan aneka sampah kering ( kertas, kain, kayu, kaleng dan jenis biomassa kering lainnya). Karakter sampah dapur yang mudah membusuk, menimbulkan bau dan berarir, harus dikelola dengan cepat masuk ke wadah tertutup. Sementara jenis lain masih bisa dikelola dengan proses waktu lebih lama.


Dengan mesin grinder ditambah air, kini sampah dapur dapat segera masuk ke reaktor tertutup guna diturunkan kadar BOD/ COD penyebab utama cemaran cairan lindi. Selanjutnya, cairan dapat dipilih proses lanjutan dengan penyaringan (filtering) separator hingga terpisahkan antara bagian padat ( solid fertilizer) serta bagian cair. Jika tidak digunakan sebagai pupuk cair, dapat digunakan sebagai air bernutrisi bagi pentiraman kawasan.



Teknologi Pengolahan Sampah Anorganik dan Plastik

Sebagaimana digambarkan skema diatas, bagi jenis an organik ( kain, kayu, kertas, karton dan sejenisnya) yang umum timbul di kawasan komersial, ditawarkan cara gasifikasi untuk hasilkan panas tinggi. Perolehan energi panas ini sangat penting bagi kaitan berlangsungnya proses pengolahan aneka limbah plastik melalui pirolisis.


Perolehan pirolisis limbah plastik itulah sumber energi listrik agar semua alat mesin dijalankan dengan listrik.  


1 komentar:

  1. Anonim20.50.00

    The ROG tepephone additionally has very good cameras.

    BalasHapus

Silahkan beri komentar

Berbagi kiat dan pengalaman PT Cipta Visi Sinar Kencana selaku penyedia teknologi biodigester, piroliser, komposter, gasifier [Biophos_kkoGas] berikut (agen hayati, bakteri dan enzim)katalog produk www.kencanaonline.com dengan perjalanan panjangnya dalam pengelolaan sampah, limbah dan biomassa mendukung bioindustri dan bioenergi berkelanjutan.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.