15.9.18

Komposter Pemusnah Sampah di Area Sempit


Komposter Pencerna Sampah KPS 1000 L membutuhkan areal hanya 5-6 m2 memiliki kapasitas pemusnahan 50 hingga 100 kg sampah organik, terutama sisa masak dan makanan ( food waste), atau setara 100 liter ( komposisi bubur sampah dengan air) per hari atau, KPS 1000 L mentuntaskan masalah sampah organik dari kawasan hunian 40-50 rumah atau 1 rumah makan, restoran, hotel, kantin pabrik maupun usaha kuliner, food court di mall, sentra makanan rest area dan kawasan wisata serta pusat belanja). Instalasi KPS 1000 L juga mendukung sponsor proyek pemerintah, para peminat budidaya ikan dan sayuran (akuatik) serta pemangku kepentingan terkait pelestarian lingkungan melalui pertanian kota (urban farming), peningkatan sanitasi di halaman sempit.



SPESIFIKASI
Konfigurasi komposter terdiri dari :

- 1 unit  Kolam Probiotik Portabel (KPP) lengkap dengan pompa sirkulasi dan 1 catridge booster probiotik penumbuh plankton mampu menjadi media hidup ikan (lele) sekurangnya bagi 200 ekor/ siklus 3 bulan

- 1 unit komposter pencerna sampah (KPS) dilengkapi dengan 1 unit Pencacah sampah FMM 1200 ML,

- 1 set rangkaian pot hidropunik/vertikultur tanaman akuatik, lengkap pompa sirkulasi, berkemampuan memberikan 150 rumpun sayuran organik / bulan

Penghancur sampah FMM 1200 ML terpasang pada bak cuci piring (sink) stainless berdimensi PLT setara ( 500 x 460x 195) mm berkapasitas tampung grinder 1200 ml atau memusnahkan 100 kg/ hari, kecepatan (RPM) RPM r/ m : 1420, Voltase 220, power 560 watt, menghaluskan hingga 3 mm, berat 6.5 kg, bebas dari keharusan melakukan perawatan dinamo motor, dengan cutter head stainless sangat kuat.  

Penghancur FMM 1200 ml terhubung ke kolam probiotik portabel ( KPP 1000 L) yang terbuat dari tangki 1000 liter dilengkapi catridge (inlet aktivator) bakteri penumbuh pakan alami atau plankton, berdimensi PLT ( 1 x 1x 1,2 ) m memiliki kapasitas penampung air 1 m3. Unit kolam KPP 1000 L dapat ditambah menjadi saling terhubung ( scalable) hingga 30 unit dengan tetap mendapat alokasi lumpur probiotik.

CARA KERJA

Pencacah FMM 1200 L terpasang pada zink (bak cuci piring) sehingga sampah langsung tergiling hingga halus dan lembut, sangat aman dan mengamankan dari tersumbatnya pipa saluran pembuangan. Saluran pembuang FMM 1200 ml diberi valve pembagi (T) yang dapat diatur antara pembuangan jenis sampah organik ke komposter maupun sebagai pembangkit plankton kepada kolam KPP 1000L.

Sementara terdapatnya Kolam probiotik portabel (KPP), yang telah dilengkapi dengan pot dan paralon PVC akuaponik serta catridge (penumbuh booster plankton dan pakan alami), menjadi alat teknik konversi biologis merobah sampah sisa makanan (foodwaste) menjadi protein (ikan) dan vitamin (sayuran). Dengan catridge booster dalam kolam probiotik telah membuka wawasan baru bahwa beternak ikan tidak selalu harus dengan air melimpah. Kolam probiotik portabel ( KPP 1000 L) ukuran per unit 1 m3, dan dapat diperbanyak, dijadikan bejana berhubungan ( scalable) disesuaikan rencana keuangan. 

MANFAAT EKONOMI

Konverter sampah sisa makanan ( food waste machine converter) KS 1000 L efektif dan bermanfaat :

1. menjadi alat konversi pemusnah sampah makanan (food waste)
2. menjadi tempat penyimpanan ikan konsumsi dan sayuran segar (hidup) pengganti lemari pendingin/ freezer karena terdapat pot vertikultur dan kolam menjaga ikan selalu segar tanpa biaya listrik.  Sayuran di pot dan ikan tersimpan di kolam makin bertambah besar atau bobot timbangan naik,

3. bisa menjadi sarana bagi usaha sampingan ternak ikan dan sayuran akuatik tanpa resiko rugi karena ikan mati lemas dan sayuran layu bisa dimasak,

4. menjadi alat konversi pemusnah sampah makanan (food waste). Jenis ikan carnivora (misalnya lele/ clarias) memakan hampir segala sisa masakan (ikan, ayam dan daging) sementara, ikan omnivora (gurame, ikan nila, mas) memakan sisa masak sayuran

5. menghadirkan suasana halaman lebih segar namun tetap higienis. Catridge booster menjadi media pengisian aktivator bakteri probiotik untuk menahan laju nitrifikasi ( anaerobic process) penyebab bau kolam dan air

6. memutus rantai makanan dari tempat sampah dimakan tikus, kecoa dan hama dialihkan menjadi pakan tambahan ikan (lele) dan slurry biogas
7. memberi perolehan kompos padat dan cair guna mendukung perolehan sayuran bagi pemenuhan konsumsi
PEMANFAATAN KOMPOS PADAT DAN CAIR 


Perolehan kompos padat sebesar 10 hingga 12,5 kg/ hari digunakan sebagai media tanam sayuran pada polibeg. Dicampur tanah pada perbandingan 60:40 %, akan diperoleh 9 ember atau akan didapatkan 1.800 media tanam. Sementara pupuk organik cair (POC) akan dihasilkan hingga 70 liter/ hari, bermanfaat untuk penyiraman tanaman dan penumbuh plankton kolam ikan. Dengan perlakuan tambahan bakteri probiotik, pupuk organik cair (POC) dapat dijual secara komersial sebagai pupuk hayati.

CARA ORDER dan PENGIRIMAN

Dengan sistim pabrikasi (manufacturing) komposter 30 unit per batch/ hari, untuk delivery antar kota, antar pulau dan luar negeri (ekspor), bagi kemudahan handling/ transportasi serta pemasangan (optional oleh teknisi kami) di tempat tujuan, disyaratkan minimal order 12 unit/ truk Fuso, 16 unit per FCL ( Full Container Load) 20" atau 32 unit per FCL (Full Container Load) 40".

Guna mendukung sukses proyek massal penyebaran komposter pemerintah maupun CSR korporasi, bagi minimal pemesanan 160 unit, diberikan kondisi termasuk bahan baku isian (bbi) material organik pertama, komposter ready for use. Pada H+ 1 hari, sejak pemasangan oleh teknisi, langsung dapat digunakan mengolah sampah.

Kapasitas penyediaan komposter KPS 1000 L ini dapat dilipatgandakan hingga 300 unit/ hari atau 100.000 unit/ tahun, disertakan sertifikat uji International ( keamanan dari kebocoran, serta garansi hingga 5 tahun), dengan pemasangan praktis dapat dilakukan para pelanggan serta diletakan di permukaan tanpa penggalian tanah (portabel), komposter KPS 1000 L secara cepat bisa dipasang secara massal. Efektif memberi solusi segera (urgent) di lingkungan proyek pengolahan sampah suatu kawasan, program sanitasi masyarakat, bantuan sosial bagi darurat bencana (akomodasi pengungsi) serta bioindustri pertanian skala rumah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar

Berbagi kiat dan pengalaman PT Cipta Visi Sinar Kencana selaku penyedia teknologi biodigester, piroliser, komposter, gasifier [Biophos_kkoGas] berikut (agen hayati, bakteri dan enzim)katalog produk www.kencanaonline.com dengan perjalanan panjangnya dalam pengelolaan sampah, limbah dan biomassa mendukung bioindustri dan bioenergi berkelanjutan.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.