15.4.18

Berkembangnya Pasar Olahan Lidah Buaya, Meluaskan Peluang Pasar Kompos Hasil Olah Sampah

Bibit Lidah Buaya Jumbo

Bibit tanaman lidah buaya (Varietas aloevera chinensis) ini berukuran 20-25 cm atau 1 kg bisa 10 bibit  (panjang kurang dari 1 jengkal tangan orang dewasa). Dalam 1 Ha lahan dapat ditanami sampai 7500 bibit pada jarak tanam (80 cm x 150 cm). Produktivitasnya mencapai rata-rata 6-7 ton per hektar/ panen/ per 4 bulan atau 24-30 ton/ ha per tahun. Daur hidup tanaman mencapai 7-8 tahun, pertama kali panen dilakukan pada usia tanaman 10-12 bulan.

Bibit Lidah Buaya Aloe Vera Chinencis Jumbo Bahan Olahan Panganan
Dengan harga daun ( pelepah) segar ditingkat kebun Rp. 2000 hingga Rp 3000 per kg, budidaya lidah buaya dengan memanfaatkan residu olah sampah organik ( setelah jadi kompos) ini cukup memberi keuntungan. Bagi perusahaan/ korporasi seperti pabrik, kawasan industri, kawasan niaga, perumahan maupun institusi, lembaga sosial maupun pemerintahan yang memiliki kewajiban, sebagaimana UU No 18/2008, dapat melakukan pengolahan sampah, limbah organik maupun biomassa (gulma air eceng gondok) ini dengan cara ramah lingkungan sekaligus, menghasilkan pendapatan. Budidaya dengan kecilnya resiko hama penyakit serta dapat ditanam di pot seperti layaknya tanaman hias, memberi jaminan bagi berjalannya proyek secara berkelanjutan (sustainable),  
Varietas Aloe Chinensis Lidah Buaya Konsumsi

Prospek dan Pangsa Pasar

Daun tanaman varietas ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan seperti Lignin, Saponin, Anthraquinone aloin, Barbaloin, Iso-barbaloin,Anthranol, Aloe emodin, Anthrancene, Aloetic acid, Ester Asam Sinamat, Asam Krisophanat, Eteral oil, Resistanol, Vitamin B1, B2, Niacinamida, B6, Cholin, Asam Folat, Enzim oksidase, amilase, katalase, lifase, protease, dll.
Aneka Produk Perawatan Kesehatan Tubuh Hasil Olahan Lidah Buaya 
Aneka Makanan Sehat Hasil Olahan Lidah Buaya 
Dari banyaknya kandungan zat-zat baik bagi manusia, kini telah dapat dihasilkan aneka produk makanan seperti dodol, stik, keripik, jelly, jam, produk minuman seperti juice dan koktail, sampai dengan bahan kosmetik pembuat sabun dan juga krim untuk perawatan tubuh. Olahan daun lidah buaya dapat dilakukan oleh berbagai skala usaha mulai industri menengah, kecil (UKM) hingga rumah tangga.

Varietas yang baik dan bisa diolah untuk dijadikan minuman dan makanan hanya dari varietas Aloe Chinennsis. Jenis ini memiliki ciri antara lain bunga berwarna orange, pelepah berwarna hijau muda, pelepah bagian atas agak cekung dan mempunyai totol (binti-bintik) putih di pelepahnya ketika tanaman masih muda. Sementara varietas lidah buaya untuk tujuan supply bagi industri kesehatan, yakni varietas Aloe barbadensis Miller, dijadikan tepung (powder) untuk disupply ke industri kosmetik, farmasi dan industri obat.

Kemitraan Bisnis

Bagi pelanggan PT Cipta Visi Sinar Kencana yang telah memiliki sekurangnya mesin kompos dan biodigester penghasil biogas kapasitas olah mulai 1 ton/ hari, dapat mengikuti program kemitraan budidaya hingga penjualan hasil daun. Tiap rumpun media tanaman lidah buaya memerlukan 6 kg kompos, sehingga tiap mesin kompos pengolah sampah kapasitas 1 ton/ hari ( IPK RK 1T, atau IPK RKE 1T, maupun  ARK 1 T) dan pilihan 1 dari aneka kapasitas Biodigester akan memiliki media tanam untuk 100 rumpun per hari bagi penanaman di kebun maupun pot. Tiap mesin kompos dan biodigester kapasitas 1 ton/ hari akan hasilkan 600 kg kompos dan dari biodigester terkecil 10 m3 akan dihasilkan 350 liter yang cukup bagi pasokan nutrisi organik terhadap 36.000 pohon/ tahun atau 4 Ha di kebun atau 36.000 pot yang dikelola rumah tangga sekitar lokasi tempat pengolahan sampah terpadu (TPST).
Mesin Kompos Dengan Pengayuh Pedal tanpa Enggine dan Listrik
Perolehan Kompos Media Tanam Lidah Buaya dari Mesin Kompos dan Biodigester
Mesin Kompos RKE 1T Kaps 1 ton/ hari Menggunakan Listrik
 
Mesin Kompos Pengolah Sampah RKE 2T kaps 2 ton/ hari Jadi Kompos Media Tanam
Jenis bibit lidah buaya jumbo hasil kultur jaringan dari varietas chinensis ini akan berukuran besar ( lebar daun lebih dari 3 cm, panjang daun lebih dari 70 cm dengan kedalaman akar lebih 30 cm) maka, memerlukan pot besar ukuran mulai 60 liter.  Jika ditanam di kebun, dengan jarak tanam 150 cm x 70 cm, populasi akan mencapai 7500 rumpun/ Ha.

Biodigester Pengolah Sampah Organik Jadi Biogas dan Pupuk Kompos Cair
Paket Teknologi Lengkap

Sebagaimana dikemukakan diatas, budidaya lidah buaya Jumbo organik, disamping bibit, diperlukan  pupuk kompos GP-5, Pupuk NPK Gramafix Formula Daun serta Pupuk Kompos Organik Cair ( PKC). Dosis kompos, sebagai campuran dengan tanah dan pasir pada tahun pertama 6 kg/ rumpun, memerlukan tambahan nutrisi bagi pemeliharaan oleh Pupuk Kompos Cair 0,5 liter/ tahun serta 4 aplikasi pupuk NPK Tablet Gramafix 250 gram/ rumpun/ tahun. Dengan besarnya komponen biaya berupa kompos padat sebagai pencampur dalam media tanam serta pupuk kompos cair (PKC) sebagai tambahan nutrisi dan air, pemilik mesin komposter olah sampah mulai 1 ton/ hari dan biodigester 10 m3 akan mereduksi biaya secara nyata karena menggunakan bahan gratis dari hasil olah sampah. Dalam keadaan terburuk harga jual termurah, sebagaimana diatas, proyek mendapat jaminan berlangsung secara berkelanjutan.

Pot Budidaya Lidah Buaya

Lidah Buaya Aloe Chinensis Jumbo
Dengan kemitraan ini, pemilik masalah timbulan sampah akan mendapatkan pengembalian atas investasi sekaligus mendapatkan kondisi lingkungan yang hijau dan segar. Input produksi terbesar dipenuhi sendiri dari output mesin olah sampah yang anda miliki sementara,  PT Cipta Visi Sinar Kencana sebagai penyedia paket teknologi lengkap ( mesin kompos, bibit, NPK tablet) maupun jika diperlukan untuk bertindak memberikan asistensi teknis secara penuh mulai pengolahan sampah menjadi kompos hingga budidaya dan pemasaran lidah buaya (*)


Pupuk Tablet Gramafix Formula Daun sebagai penambah Nutrisi Lidah Buaya
Kompos Hasil Olah Sampah dalam Mesin Kompos Rotary Kiln sebagai Media Tanam Lidah Buaya
Pupuk Kompos Cair Hasil Olah Sampah dan Biomassa dalam Biodigester


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.