19.3.18

DAUR ULANG KREATIF LIMBAH HASILKAN PRODUK UPCYCLE

Sejak tahun 2015, bersamaan dengan tragedi longsornya Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Leuwigajah di Bandung, terdapat kesadaran baru pada komunitas Posko Hijau bahwa metoda guna ulang (reuse) dan daur ulang (recycle) sampah dan limbah adalah keniscayaan bagi ikut serta menjaga kelestarian lingkungan. Mulai dikenalkannya mendaur ulang sampah organik jadi kompos, bahkan dengan alat yang dibuat dari limbah drum dan kemasan plastik HDPE yang banyak terdapat di pabrik tekstil pengguna bahan kimia sumber impor. Dari tahun ke tahun produk daur ulang kreatif ( upcycling product) terus berkembang dan mendapat permintaan pasar, kini berbagai produk yang dipasarkan KencanaOnline.Com telah banyak diduplikasi dan beredar di banyak wilayah Indonesia. 

DAFTAR PRODUK DAUR ULANG KREATIF ( UPCYCLE PRODUCT) antaranya dapat dilihat dalam daftar berikut :
















Kini, setelah lebih 10 tahun, faham daur ulang (recycle) lebih jauh mendapat analisa nilai tambah ( added value), jika lebih tinggi disebut daur ulang kreatif atau upcycling. Sementara daur ulang yang lebih mengubah bentuk untuk mengurangi gangguan yang merugikan disebut dengan downcycling.

Daur ulang kreatif atau upcycling adalah proses mengubah produk sampingan, bahan limbah, tidak berguna, atau produk yang tidak diinginkan menjadi bahan baru atau produk dengan kualitas yang lebih baik atau untuk nilai lingkungan yang lebih baik. Dalam tinjauan secara makro, tujuan upcycling adalah mencegah pemborosan bahan yang berpotensi berguna dengan memanfaatkan yang sudah ada. Ini mengurangi konsumsi bahan baku baru saat membuat produk baru. Mengurangi penggunaan bahan baku baru dapat mengakibatkan pengurangan penggunaan energi, polusi udara , polusi air dan bahkan emisi gas rumah kaca.

Upcycling limbah merupakan langkah signifikan menuju budaya desain regeneratif di mana produk akhir lebih bersih, lebih sehat, dan biasanya memiliki nilai yang lebih baik daripada input material. Banyak proses industri, seperti fabrikasi plastik dan elektronik, bergantung pada konsumsi sumber daya yang terbatas. Selanjutnya, limbah tersebut mungkin memiliki dampak lingkungan dan dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Dalam konteks ini, upcycling menjelaskan penggunaan teknologi yang tersedia untuk masa depan berkurangnya limbah maupun konsumsi sumber daya dengan menciptakan produk dengan nilai yang lebih tinggi asal limbah atau aliran produk ( product cyrcle).

INTERIOR GEDUNG HASIL UPCYCLING

Disamping produk yang dikenalkan dan beredar, di gedung KencanaOnline.Com juga mengenalkan interior dan bagian fasad bangunan muka memanfaatkan limbah. 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.