14.7.17

Ikan, Sayur dan Bahan Bakar dari Limbah dan Air Hujan

DARI AIR HUJAN, LIMBAH JUICE BUAH DAN SAMPAH ITU DIPEROLEH IKAN DAN SAYUR SEGAR, AIR MINUM DAN ETANOL SERTA BIOGAS UNTUK BAHAN BAKAR MASAK

Kopi sebenarnya, yakni adalah kopi yang DIGILING bukan Digunting, tersaji dalam 23 resep seduh ( brewed Coffee) di KencanaOnline Cafe Coffee & Eatery. Terlebih jika biji kopinya tersebut dihasilkan dari budidaya dengan asupan nutrisi organik kompos. Daur ulang limbah organik menjadi Biogas, Bio Elektrik dan Pupuk bagi media tanam padi dalam pot ( sawah portabel), taman vertikal tanaman obat dan hias maupun pot kopi cukup menonjol terlihat di beberapa bagian area kafe ini. Sementara biogas, disamping digunakan bahan bakar masak juga bahan bakar generator listrik bagi penerangan lampu ornament (LED).





Memenuhi sebagian kebutuhan operasi KencanaOnline Cafe Coffee & Eatery berupa gas kompor, ikan, sayur, air minum) dari hasil olah limbah juice, sampah dan limbah, adalah keharusan. Terlebih dengan keberadaan instalasi panen air hujan (rain harvesting) telah dirasakan bagi penyimpanan ikan dalam keadaan hidup (tanpa freezer). Kolam panen air hujan menjadi media hidup ikan, tanpa perlu kulkas/ freezer sebagaimana resto umumnya, Bahkan mutu sayur dan ikan hasil proses organik, menepis kekhawatiran atas resiko dari pestisida bahan pangan. Dan, tak kalah penting, olah sampah jenis organik yang cepat membusuk (perishable) langsung habis sesaat usai masak, telah menekan perkembangbiakan hama (tikus, kecoa).

Lebih jauh dari itu, peranan kompos dari mesin komposter dan biodigester KencanaOnline.Com sejak tahun 2005, kini telah tersebar memupuk puluhan Ha sawah di Ciparay menghasilkan beras dan bekatul organik maupun puluhan Ha kopi di Banjaran, Pangalengan dan Ciwidey. Salah satunya mendukung lahirnya kopi specialities Preanger organik. Dengan begitu, saat pengunjung menikmati sajian kopi dan cookies dari bekatul, sekaligus bisa membayangkan tahapan secangkir kopi sejak bentuk bibit, saat berbuah, proses sangrai (roasting) hingga siap dinikmati diatas meja..



Berbagai pilihan menu kopi disajikan di Kafe ini oleh seorang barista handal. Dari kecakapan dan pengalamannya tersajilah resep V60, Flat bottom, Coffee Latte, Capucinno, kalta wave, Vietnam drip hingga syphon. Bahkan sajian kopi syphon, didahului dengan proses pemanasan air menggunakan etanol limbah buah menggantikan spritus sebelumnya, secara khusus menambah aroma khas buah yang menjadi bahan pembuatan etanolnya. Penggemar kopi ( coffeeholik) dapat memesan seduhan syphon aroma jeruk, mangga, semangka maupun aroma buah kesemek.



Bahan pembuatan etanol buah sendiri adalah limbah Juice buah menggunakan juicer yang difermentasi fakultatif, kemudian di destilasi dalam alat penyulingan (destilator) dengan bahan bakar biogas. Berada di Kafe dan toko yang kental dengan konsep pelestarian lingkungan ini, disamping bisa mendiskusikan aneka produk dan teknologi pengolahan sampah metoda 3 R (Reduce-Reuse-Recycle) juga, makin dikuatkan dengan hadirnya pilihan sajian kopi, makanan dan juice organik serta, tentunya, semua limbah kopi, juice dan makanan di KencanaOnline Cafe Coffee & Eatery diolah menjadi kompos dan energi biogas (*).

4 komentar:

  1. Anonim05.28.00

    Therefore, people spend more time online.

    BalasHapus
  2. Anonim17.36.00

    I had been honored to get a call from a friend as soon as he observed the important points shared on the site.
    Going through your blog publication is a real excellent
    experience. Thanks again for taking into consideration readers
    like me, and I desire for you the best of success being a
    professional in this area.

    BalasHapus
  3. Anonim04.16.00

    I'm honored to obtain a call from my friend as he uncovered the important tips shared in your
    site. Going through your blog publication is a real excellent experience.
    Thanks again for thinking of readers like me, and
    I wish you the best of success for a professional in this discipline.

    BalasHapus
  4. Anonim07.32.00

    That is a good tip especially to those new to the blogosphere.
    Brief but very accurate info… Thank you for sharing this
    one. A must read article!

    BalasHapus

Silahkan beri komentar

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.