3.3.15

Mandiri Pangan dan Energi dengan Instalasi Sawah Portabel BD 3000 L


Konfigurasi reaktor digester biogas dipadukan kolam portabel, pot vertikultur dan polibeg padi akan menjadi INSTALASI SAWAH PORTABEL BD 3000 L. Instalasi berkemampuan mengkonversi sampah organik dan biomassa ( gulma air, gulma kebun, limbah pertanian perkebunan, kotoran hewan) menjadi padi, ikan, sayuran dan biogas untuk memasak. Keberadaan digester, disamping fungsi utama menghasilkan gas (CH4), secara khusus, memasok lumpur probiotik (kompos organik cair) kepada ikan di kolam portabel dan sayuran hidroponik di pot vertikultur, serta menyediakan kompos padat organik sebagai bahan penting media tanam pot Green Phoskko 8 ( GP 8) polibeg sawah. Sehingga budidaya padi, sayuran dan ikan dapat dilakukan di kondisi tanah dan cuaca  apapun.
Keberadaan instalasi akan berperan menambah indek luas tanam dan panen pertanaman padi, sayuran dan ikan. Pengembangan sawah portabel  menjadi penting ketika, saat sama, setiap hari, sawah menyusut akibat
terkonversi menjadi perumahan, industri, prasarana jalan dan kawasan komersial
.

Instalasi Sawah Portabel BD 3000 L setiap hari mengkonversi 75 kg sampah organik dan biomassa ( kotoran hewan, limbah pertanian perkebunan, gulma kebun, guma air eceng gondok dan sejenisnya) dicampurair menjadi bahan bakar (kompor), padi beras, ikan dan sayuran.

Konfigurasi alat dan bahan terdiri dari :

1. satu unit Digester Biogas BD 3000 L berikut perlengkapan ( Kompor, manometer, slang, pemurnian biogas MP 12135 PVC) serta aktivator Green Phoskko 7 (GP7) pembangkit biogas (methana)

2. Sawah portabel berupa 3 unit Kolam Probiotik Portabel KPP 1000 L, 1 set Vertikultur Kencana KVH 12 berikut media hidroponik, serta media tanam padi (  900 pot polibag,  benih padi dan stock sisip, 3 dus tablet Gramalet Padi ) serta instalasi penyiraman (sprinkler), slang air, 3 unit pompa,

3. Penghancur sisa makanan dan sampah FMM 1200 L

SPESIFIKASI DAN CARA KERJA

Penghancur sampah FMM 1200 ML terpasang pada bak cuci piring (sink) stainless berdimensi PLT setara ( 500 x 460x 195) mm berkapasitas tampung grinder 1200 ml atau memusnahkan 75 kg/ hari dan sekaligus mencampurnya dengan air 1:1. Memiliki kecepatan (RPM) RPM r/ m : 1420, Voltase 220, power 560 watt,
menghaluskan hingga 3 mm, berat 6.5 kg, bebas dari keharusan melakukan perawatan dinamo motor, dengan cutter head stainless sangat kuat. Mesin grinder yang terpasang pada sink ini terhubung dengan valve pembagi ke digester serta kolam.

Digester BD 3000 L terbuat dari fiberglass bahan resin PL 07 LPE, jenis mat Wr 400 (mat anyam) dan mat Jushi -Kwe 300 (acak) 300 x 104, catalyst Butanox, mirror glase, pigmen HCA Dolphin Greenserta aerosil HDK ini memiliki ketebalan dinding 3 - 5 mm, mampu memfermentasi 150 liter/ hari sampah dan biomassa ( campuran dengan air 1:1 ). BD 3000 L setiap hari menghasilkan 3 m3 biogas (kandungan energi pembakaran setara 1.5 kg LPG) dan 150 liter lumpur (bio slurry)

Lumpur ( bio slurry) dengan pompa lumpur dialirkan ke filter dan Kolam probiotik portabel ( KPP 1000 L) yang terbuat dari tangki 1000 liter yang dilengkapi dengan catridge (inlet aktivator) bakteri penumbuh pakan alami atau plankton. Berdimensi PLT ( 1 x 1x 1,2 ) m memiliki kapasitas penampung air kolam per unit 1 m3, setiap unit dilengkapi aerator oksigen. Perolehan kompos dicampur 1:1 dengan tanah serta berbagai additive dan probiotik, dijadikan media tanam polibag padi. Cairan dicampur air menjadi media tumbuh ikan, di sirkulasi ke Pot Vertikultur menjadi media tanam sayuran secara hidroponik dan berakhir di polibeg padi pada areal sawah portabel.

Konfigurasi peralatan diproduksi dari bahan dengan memperhitungkan kegunaan dan masa ekonomis 10 tahun, terkecuali pompa air, pencacah dan polibeg memerlukan perawatan dan penggantian ( per 2 tahun). Konfigurasi dirancang bagi kepentingan ikut memenuhi kebutuhan mandiri energi dan pangan masyarakat di perdesaan maupun perkotaan ( urban farming). Tanpa harus membangun sarana ( infrastruktur) irigasi pengairan, perpipaan gas, kelembagaan petani maupun sarana mahal lainnya, ekstensifikasi sawah menghasilkan (padi, sayuran, ikan) maupun penyediaan energi bagi masak rumah tangga dapat segera dijalankan sesaat diniatkan. Bahkan bagi program masal, pelanggan dapat mengakses konsultasi, penyuluhan dan penjelasan di radio streaming ( berenergi biogas), radio.kencanaonline.com

PEROLEHAN HASIL

Berdasar pada hasil riset aksi sejak tahun 2011, instalasi  Sawah Portabel BD 3000 L berkemampuan menghasilkan sekurangnya:
  1. Biogas 3 m3 bagi pemenuhan kompor masak, setiap hari, dengan energi pembakaran setara 1,5 kg LPG atau 540 kg LPG/ tahun mecukupkan energi masak 3-4 rumah tangga
  2. Ikan (yang tahan kekeruhan tinggi seperti lele/ gabus) sebanyak 200 ekor/ siklus 3 bulan atau 800 kg/ tahun,
  3. Sayuran sebanyak 150 rumpun per siklus 3 bulan atau 600 rumpun/ tahun
  4. Gabah Kering Panen (GKP) 135 kg/ siklus 3 bulan setara dengan 540 kg GKP atau 351 kg beras/ tahun
Dengan hasil rata-rata 150 gram GKP (Gabah Kering Panen)/pot polibeg/ 100 hari, Instalasi Sawah Portabel BD 3000 L berkemampuan mendukung perolehan 135 kg GKP/ Musim Tanam (MT). Pada pemeliharaan dan asupan nutrisi yang baik, dari lumpur probiotik menggunakan metoda  irigasi (sprinkler), akan diperoleh rendemen 65 % beras dari GKP atau  setara 81 kg beras/siklus. Pada intensifikasi tanam 400 %/ tahun, akan  diperoleh 540 kg GKP setara 351 kg beras.   

Instalasi  Sawah Portabel BD 3000 L memerlukan areal 100 m2 di lokasi halaman, dak atap bangunan, serta areal terbuka maupun bertingkat. Kecuali bagi peralatan reaktor digester BD 3000 L, seluruh areal sawah tidak memerlukan peneduh.  Cocok dimiliki warung makan, restoran, hotel, rumah keluarga besar, kantor pemerintah dan swasta, pengelola food court mall. Instalasi juga layak dimiliki lembaga riset terkait lingkungan, pengelolaan sampah, budidaya padi dan penyediaan pangan. Berguna mendukung penyelenggara bantuan sosial maupun program corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan dan korporasi (*).

1 komentar:

  1. Anonim22.37.00

    Since nine calories is found in 1 gram of fat,
    you'll need to consume 44 to 66 grams each day to the average person. Other than this,
    proper baby medicines are employed to take care of the
    health with the kids. Some in the other common drinks children consume include liquid,
    cordials and soft drink.

    BalasHapus

Silahkan beri komentar

Berbagi kiat dan pengalaman PT Cipta Visi Sinar Kencana selaku penyedia teknologi biodigester, piroliser, komposter, gasifier [Biophos_kkoGas] berikut (agen hayati, bakteri dan enzim)katalog produk www.kencanaonline.com dengan perjalanan panjangnya dalam pengelolaan sampah, limbah dan biomassa mendukung bioindustri dan bioenergi berkelanjutan.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.