21.5.11

Instalasi Pupuk Organik dukung Penas ke XIII di Kutai Kartanegara

 Jelang penyelengaraan pertemuan nasional ( Penas) petani dan nelayan ke XIII di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, komponen masyarakat ikut mendukung, salah satunya dengan penyediaan fasilitas pelatihan pembuatan pupuk organik di Loa Kulu Tenggarong atau sekitar 1 km dari  tempat digelarnya pameran teknologi Penas ke XIII yakni di Stadion Madya Kutai Kartanegara.

Instalasi produksi pupuk organik itu diniatkan untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk di Kabupaten Kutai Kartanegaraan (Kukar), diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM ) Putri Karang Melenu Loa Kulu. Dengan program antaranya memberikan edukasi kepada warga sekitar, bagaimana membuat sendiri pupuk organik, instalasi produksi pupuk organik ini memiliki 5 unit Rotary Kiln Biophoskko masing-masing berkapasitas 1 ton, 1 mesin pencacah dan 1 mesin pengayak getar. Dengan kemelimpahan pupuk organik nantinya, tentu saja akan agar mampu mendukung upaya menumbuhkan vegetasi di lahan yang umumnya di wilayah Kutai berasal dari lahan ex tambang batubara, bijih besi maupun minyak.

Menurut Ketua PKBM Putri Karang Melenu (PKM) Saipul Anwar S.Pd, mengatakan, sebagai tahap awal telah dilakukan pelatihan yang diikuti 80 peserta selama 3 hari pada bulan Maret 2011 lalu. Tujuan pelatihan adalah memberikan bekal atau keterampilan pada petani supaya dapat memanfaatkan limbah (sampah pasar/rumah tangga) menjadi bernilai tambah.

Menurutnya, sebagaimana diberitakan Kaltim Post, disamping untuk mengantisipasi melonjaknya harga pupuk kimia. "Lahan pertanian di Desa Loa Kulu sering terjadi kelangkaan pupuk, terlebih lagi bila musim tanam pupuk juga mahal, sehingga tidak sesuai dengan hasil panennya," jelasnya.

Dengan pelatihan ini nantinya peserta diharapkan dapat menerapkan sistem pertanian organik. Hanya saja menurut Saipul, saat ini pihaknya masih kesulitan dalam hal publikasi pelatihan pembuatan pupuk organik.
"Kami masih belum bisa optimal dalam melayani para petani, karena belum memiliki tempat pelatihan yang representatif", katanya. Ditambahkan, baru kali ini pelatihan dilaksanakan menggunakan 7 unit alat produksi berkapasitas 5 ton per hari. Ke depan pihaknya berharap dibantu pemerintah dalam mewujudkan tempat pelatihan yang jauh lebih baik.

Dalam kaitan Penas XIII, pihak PKBM Karang Melenu dengan STIE Tenggarong Kukar dan bantuan teknis dari KencanaOnline.Com dengan menghadirkan langsung senior trainernya yakni Ir Sonson Garsoni. KencanaOnline.Com disamping menggelar stand di Pameran Penas juga mengagendakan pelatihan bagi para peminat, utamanya ditujukan kepada para petani utusan Penas XIII dari berbagi wilayah Indonesia mulai tanggal 20 hingga 22 Juni 2011. 

5 komentar:

  1. Anonim18.09.00

    bagaimana bisa ikut serta dalam pelatihan membuat pupuk di Penas kontak tani ini

    BalasHapus
  2. peminat pelatihan pembuatan pupuk organik di lokasi dekat pekan nasional ( Penas) kontak tani bisa hubungi organizer, dengan smskan nama ke Febby, 022- 70362134

    BalasHapus
  3. Pelatihan selama 3 hari berturut-turut di bulan Maret tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan kepada petani agar kedepan mampu secara mandiri mengolah biomassa ( sampah organik, limbah pertanian, limbah usaha ternak, limbah gulma air seperti eceng gondok, dll) menjadi pupuk untuk digunakan memupuk tanaman mereka di kebun atau ladang.

    BalasHapus
  4. Anonim09.39.00

    Apakah pada saat PENAS kencana online membuka stand? Dan apakah ada harga khusus selama pameran berlangsung ??

    BalasHapus
  5. ya kami membuka stand selama Penas, ada harga khusus, hubungi saja marketing kami di lokasi 081572527115- 8112221160

    BalasHapus

Silahkan beri komentar

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.