17.2.11

Usaha Menjadikan Desa Penghasil Pupuk Organik

Visi seorang kep Desa ingin menjadikan wilayahnya, sebuah Desa pesisir pantai, sebagai penyedia pupuk organik berbasis kelautan sangat menarik. Kemelimpahan aneka limbah ikan, memang sangat baik dijadikan pupuk organik. Kandungan protein hewani, tulang (calcium), akan menghasilkan pupuk organik yang kaya nutrisi... khususnya unsur mikro.

Di setiap musim, masih terdapat antara 25 – 30% hasil tangkapan ikan laut yang akhirnya harus menjadi ikan sisa atau ikan buangan. ikan-ikan sisa dan yang terbuang tersebut secara langsung maupun tidak langsung banyak membawa problema lingkungan di kawasan pesisir, minimal dalam bentuk gangguan terhadap kebersihan, sanitasi dan kesehatan lingkungan pesisir. Upaya mengatasi sanitasi pesisir sekaligus menjadikan pupuk organik lengkap itu tengah berlangsung di Ds Wedung, Kec Wedung, Demak. Dikombinasi dengan aneka limbah pertanian ( dedak, sekam, limbah serutan kayu) yang melimpah di Demak, tentu saja memberikan dukungan bagi sang Lurah mencapai cita-citanya.
Setelah studi ke lokasi display KencanaOnline.Com di Bandung, sang Kepala Desa H Jamalludin Malik, Smk segera hadirkan instalasi pengolah sampah di desanya. Dengan memanfaatkan dana PNPM, membangun instalasi (IPSK) pada kapasitas olah sampah dan limbah 3 m3 atau 1 ton/ hari, menggunakan teknologi mikrobiologi dengan alat modern berupa 5 rotary kiln dilengkapi mesin pencacah organik. Kegiatan ini tentu saja menarik perhatian banyak pihak belajar mebuat kompos berbahan limbah ikan dan tanaman dengan mengunjunginya ke lokasi ds Wedung.

1 komentar:

  1. wah artikel menarik nich... jadi pingin kunjungan :D

    BalasHapus

Silahkan beri komentar

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.