11.9.09

Instalasi Produksi Kompos Kota (IPKK), Dukung Pertanian Organik

Pemilah dan Pengayak


Komposter ukuran besar telah diuji cobakan sejak tahun 2004, dengan hasil mengagumkan. Komposter BioPhoskko® type Rotary Klin di Ciparay Bandung, yang saat awalnya dibuat dari bahan kayu kalimantan misalnya, terbukti mampu mengolah sampah hingga 3 m3 ( setara berat 1 ton)/ batch produksi). Kapasitas mesin ini berkemampuan merobah sampah jadi kompos padat dan pupuk organik cair (POC) hanya 5 hari, atau lebih cepat 55 hari dibanding pengomposan secara konvensional ( open windrows).

Kini, kelengkapan produksi kompos menggunakan BioPhoskko® type Rotary Klin untuk skala komunal ini ( beberapa RT, blok perumahan, RW, pasar, hotel, pabrik dan kawasan komersial) telah makin maju dan modern. Bahan baku pembuatan mesin dibuat dari rangkaian bahan logam, fiber resin, exhaust fan, dan reducer. Demikian juga pendukung dan alat penunjang kerja seperti mesin pencacah sampah ( chopper), pengayak, sealer pengemasan dan conveyor belt (pemilah organik dan an-organik) pun turut berkembang dalam memodernkan pengolahan sampah menjadi makin efisien dan cepat.

Mesin Pencacah Organik ( chopper) berfungsi menjadikan ukuran semakin kecil, dan hal ini berguna untuk mempercepat laju dekomposisi ( fermentasi)- karena meluasnya permukaan material sampah dan bahan organik. Terdapat pula alat penunjang kerja lainnya meliputi penghancur sampah (crusher machine), motor roda tiga - untuk mengangkut dan kolektor sampah dari rumah-rumah penghasil sampah, pengayak kompos ( screen tools )- memisahkan berbagai ukuran, sealer kemasan kompos dan conveyor ( pemilah serta feeder).

Dengan adanya mesin Rotary Kiln mendorong juga lahirnya usaha Jasa Kebersihan ( Cleaning Service) - komplek perumahan ( Real Estate). Karena terhadap sampah dari lingkungannya sendiri, resistensi (penolakan) masyarakat sekitar terhadap pengolahan sampah di sumbernya ( model IPKK) ini lebih rendah dibanding terhadap proyek pengolahan sampah skala satu kota - yang misalnya terkonsentrasi di suatu lokasi, sebagai suatu TPA Sampah.

Pengembangan usaha Jasa Kebersihan dalam satu IPKK pada level skala RT/RW atau suatu komplek perumahan sejauh ini berjalan dengan baik, memberi keuntungan layak kepada pengelolanya, disamping aman dari penolakan (resistensi) masyarakat.
___________________
Dengan pilihan teknologi dalam mengelola sampah di sumber dimana dihasilkan menggunakan komposter Rotary Klin Manual ( RKM 1000L)- kapasitas 3 m3/ unit/ batch produksi 5 hari- sedikitnya diperlukan 5 unit untuk suatu IPKK ditambah 1 unit pencacah MPO 500 HD kaps 3 m3/hari dan pengayak. Dengan paket alat IPKK diatas, diperlukan modal investasi mulai Rp 97.000.000 ( tergantung pilihan alat manual atau menggunakan tenaga engine atau listrik), IPKK telah dilengkapi dengan alat pencacah ( chopper), penyaring sampah (screen Tools). Paket mesin IPKK diatas memadai bagi pengelolaan 1 ton atau 3 m3 sampah/ hari atau mengelola sampah dari sekitar 200 rumah ( 1000 jiwa) secara terus menerus tanpa henti setiap hari. Paket ini pun akan menjadikan IPKK suatu usaha kecil dalam menghasilkan 400 kg kompos dan 20 botol 500 ml pupuk cair organik- setiap hari.

Membuat kompos menggunakan Rotary Klin ini akan memerlukan biaya 4 kantong @ 7 Kg mineral ( bulking agent) Phoskko (GP-2) @ Rp 5.000,-/kg dan 1 kg ~ 4 Pack aktivator Phoskko  (GP-1) @ Rp 27. 500,- / kg atau total sekitar Rp 250.000,-/proses batch produksi dalam 1 hari/ Unit IPKK. Untuk keperluan komersial ( hasil kompos dan organik cair dijual), diperlukan tambahan biaya kemasan pupuk cair dan kemasan kompos padat sebanyak ( 100 pcs kantong kemasan kompos padat @ 5 kg = Rp 195/000 dan 20 botol @ 500 ml kemasan pupuk organik cair = Rp 105.000), sub total Rp 550.000,- .

Dengan biaya itu, akan menghasilkan 40 % kompos padat dari berat bahan sampah organik ( atau semula 1 ton sampah, akan menjadi sekitar 400 kg kompos atau 80 hingga 100 kantong @ 4 atau 5 kg/ pack). Disamping hasil kompos padat, terdapat juga 20 botol pupuk organik cair ( liquid organic fertilizer) @ Rp 20.000 sd Rp 40.000,-/ botol @ 500 ml - yang jika dinilai sekitar Rp 1. 400.000,-/ proses/ unit Instalasi IPKK/ hari. Sebagaimana diketahui, harga kompos Rp 1000,-/kg ditambah harga pupuk organik cair Rp 20.000,- hingga Rp 40.000,-/ botol @ 500 ml.

Pendapatan lain akan diperoleh ketika mengolah sampah lingkungan didalam kawasan perumahan berpendapatan tinggi ( real estate, apartemen, condominium). Usaha jasa pengelolaan sampah lingkungan ini akan memberi pendapatan tambahan berupa "retribusi" kebersihan ( typing fee) sekitar 200 rumah x Rp 25.000/ bulan = Rp 5.000.000,- . Uang kebersihan umum dikumpulkan oleh Rukun Warga (RW) maupun perusahaan pengembang (developer). Kapasitas 5 unit Rotary Klin 3 m3 dalam 1 IPKK akan mampu mengolah sampah setiap hari dari 150 sampai 200 rumah tangga.

Dari gambaran usaha kecil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengomposan skala komersial komunal bisa menjadi pilihan usaha dan menguntungkan secara ekonomi serta, dilain pihak, pasti memberi manfaat kepada perbaikan lingkungan kota - yakni dengan berhentinya lalulintas dari mobilisasi sampah melintasi kota menuju TPA maupun bersihnya sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Dengan makin dikenalnya pengomposan menggunakan teknologi media komposter Rotary Kiln Biophoskko menjadi suatu bisnis, kini menjadi gairah baru adanya pembuatan kompos di lingkungan pabrik (kantin), hotel, restoran, perumahan dan kawasan komersial lainnya.

Walaupun tidak untuk tujuan komersial, kini banyak juga perusahaan dan pabrik - dengan karyawan hingga ribuan orang- mengolah sampah kantin- penghasil limbah makanan ratusan kg hingga 1 ton/ hari. Perlu diketahui, setiap orang menghasilkan sampah/ kapita/hari = 2,9 liter. Dengan demikian, setiap 1000 orang karyawan pabrik, misalnya, akan menghasilkan 3000 liter (m3) atau setara berat 1 ton.

Beberapa Pemerintah Kota/ Kabupaten ( antara lain Kab Majalengka, Rembang, Pekalongan, Karawang, Bekasi, Manokwari, Ambon, Jakarta Utara, Donggala, Banda Aceh, Kota Cimahi, dll) serta instansi pemerintah (BKKBN, Depkumham bagi pengelolaan sampah Lapas di LP Sukamiskin, LP Cipinang, LP Jakarta, LP Surabaya, LP. Banceuy, dll ) telah memberi kepercayaan kepada Biophoskko membantu memecahkan masalah sampah yang selama ini sebagai unit pengambil biaya ( cost centre) menjadi unit kerja dengan biaya mandiri.

Demikian juga beberapa perusahaan besar dan Terbuka (Tbk) seperti PT Persero Gas Negara (PGN)- yang pertama kali memberikan dukungan pada pengembangan komposter di berbagai lokasi di Bandung, PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Telkom Tbk, PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Tbk Jakarta -Bogor dan KIIC, Pertamina UP Cilacap, Pertamina UP Bunyu Tarakan, PT. Gudang Garam (Tbk) Kediri, Auto 2000 Soengkono, PT. Bhineka Karya Manunggal - industri textil besar di Klari Karawang, dll- menggunakan alat mesin ini dalam kepentingan pengelolaan sampah di lingkungan sendiri maupun bagi pembinaan masyarakat sekitar (PKBL).

Beberapa perusahaan ( Bakrieland, pengembang perumahan PT Billpass Asri di beberapa lokasi Sunter Jaya, Pejagalan, Tugu Selatan ( Sunter Jakarta Utara) dan LSM ( CHR Aceh, dll ) juga mempercayakan pembuatan model pengelolaan sampah oleh masyarakat kepada teknologi Biophoskko dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Paket teknologi Biophoskko juga digunakan oleh perusahan besar - seperti PT ASTRA Company melalui Auto 2000 Soengkono Surabaya- dalam mendukung perolehan sertifikat ISO 14.000 dengan program “Clean and Green Company” di berbagai service point-nya.

Disamping program pengelolaan sampah non profit oriented diatas, juga terdapat pendirian Instalasi IPKK sebagai suatu bisnis - sebagaimana telah dilakukan Pengusaha ( misal Mr Petrus di Kutai Barat, Kukje Sangyo di Papua, Herman Gunawan - Pontianak, Totok Maryadi- Jogja, Toto di Malang, Moch Taviv Palembang, perkebunan di Mandoge Kisaran Sumut, Sigit di Bogor, dll).

Permintaan pasar akan kompos kini makin besar sejalan dengan dimulainya program pengembangan organik granul (POG) oleh subsidi Pemerintah melalui BUMN Pertanian. Dimulai tahun 2008 ( 385 rb ton) hingga 3 juta ton ( tahun 2012).

Disamping memenuhi kebutuhan dalam negeri, ekspor komposter Biophoskko juga telah dilakukan juga ke negara lain seperti Malaysia ( Seremban, Kajang dan Johor) serta Brunei Darussalam.


3 komentar:

  1. Boleh kunjungan, untuk melihat secara langsung sebelum beli alatnya...

    BalasHapus
  2. Bu Ghaya Puspa,
    Untuk melihat bisa langsung di Bandung maupun di berbagai kota yang sudah ada di pelanggan. Bahkan, kami juga selenggarakan pelatihan olah sampah menjadi pupuk organik, angkatan XIII di Bandung, 16 April 2011.

    BalasHapus
  3. Siang pak, saya ingin membuat rumah sampah & bank Sampah, DLH Kab Katingan

    BalasHapus

Silahkan beri komentar

Berbagi kiat dan pengalaman PT Cipta Visi Sinar Kencana selaku penyedia teknologi biodigester, piroliser, komposter, gasifier [Biophos_kkoGas] berikut (agen hayati, bakteri dan enzim)katalog produk www.kencanaonline.com dengan perjalanan panjangnya dalam pengelolaan sampah, limbah dan biomassa mendukung bioindustri dan bioenergi berkelanjutan.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.