12.1.09

Mesin Granulator Pupuk Organik

Pengembangan pupuk organik tidaklah sesederhana mengelola pupuk anorganik ( kimia sintetis) - yang telah dilengkapi dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan mesin serba canggih. Kualitas pupuk organik alami sangat bervariasi tergantung bahan dasar ( bahan baku), kadar air dan cara pembuatannya.

Banyak petani yang membeli jadi terlalu mahal untuk pupuk organik, karena ternyata kurang bermanfaat. Ketidak-jelasan kualitas bisa membawa persoalan pada kurangnya minat petani secara jangka panjang. Belum lagi soal biaya mobilisasi pupuk karena volume penggunaannya per hektar lahan yang besar, lebih dari 1 ton/ha pupuk organik. Kondisi itu akan menimbulkan masalah inefisiensi karena pengangkutan dari pabrik ke lokasi kebun dan dari pinggir jalan ke lahan petani. Permasalahan tersebut akan berujung pada kesulitan modal kerja petani, dan berakhir pada keengganan petani menggunakan pupuk organik.

Upaya penambahan unsur hara (N,P,K) dengan mencampurkan pupuk pabrik ( kimia ) dalam proses pembuatan pupuk organik, yang misalnya dilakukan oleh perusahaan nakal untuk menarik pembeli, beresiko meningkatkan kerancuan kualitas organik. Selain itu, manfaat pupuk organik bukanlah penambahan hara tanah, kecuali beberapa jenis hara mikro tertentu, melainkan, yang utama adalah memperbaiki kesuburan fisika dan biologi tanah.

Upaya mendukung peningkatan kualitas pupuk organik- salah satunya- ditempuh dengan penyediaan alat mesin bagi penyajian pupuk organik sehingga pupuk organik menarik minat petani pengguna. Berikutnya, keberadaan teknologi dan sumber bahan baku murah dan terjangkau (affordable) bagi pencampuran dalam pengkayaan ( enrichment) unsur hara. Dengan keberadaan teknologi alat mesin Biophoskko, kompos - sebagai bahan baku terbesar ( berasal dari sampah organik di perkotaan ) - yang tersedia bagi pengembangan pertanian organik, dapat disajikan lebih praktis, efisien dan relatif murah di mata petani.

Pupuk organik yang berasal dari kompos dan bahan pengkayaan lainnya kini bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi bentuk curah kasar, curah halus, tablet, pelet, briket, atau granul.

Perkembangan permintaan terhadap kompos padat dan atas pertimbangan kemudahan dalam aplikasi pemupukan, kini banyak kompos dibentuk granul. Bentuk granul- butiran seperti bentuk kacang hijau sampai bentuk kacang kedelai ukuran 2 mm sampai 4 mm- juga memungkinkan penambahan unsur hara organik lain ( sumber Kalium dari abu janjang sawit), sumber P2O5 ( dari Phosphates Alam) dan sumber Carbon ( meningkatkan rasio C/N dari lignit atau batubara muda ) serta zat pengatur tumbuh ( ZPT) dan mikroba pelarut.

Satu set alat mesin granulator Biophoskko dengan kapasitas 1 ton/ jam terdiri dari 1 penghancur bahan ( hammer mill ), 2 unit pengering ( dryer), 1 pembentuk granul ( pan granulator) dan 2 unit pengayak atau pemisahan ukuran ( sifter atau screen tools) serta 4 set pembawa ( conveyor belt). Conveyor belt terdiri dari 2 unit untuk feeding bahan pencampuran pupuk organik granul ( kompos curah, abu janjang sawit, phospat, mikroba dan zeolit dan lignit) ke pengering ( dryer) dilengkapi vibrator screen, 1 unit set conveyor granul ke pengering ( dryer) dan 1 set belt sebagai pembawa ( feeding) ke ayakan ( sifter atau screen).

Pengeringan bertujuan menyiapkan bahan agar mudah dihancurkan dan dihaluskan dengan menggunakan alat pengering ( rotary dryer). Target kadar air kompos kering kurang lebih 20 persen. Kompos yang sudah kering kemudian digiling dengan mesin giling ( hammer mill) untuk mencapai tingkat kehalusan kompos yang diperlukan minimal 80 mesh.

Selanjutnya, proses granulasi dengan menggunakan pan granulator. Alat ini berbentuk piringan yang berputar. Ukuran pan piringan bisa bermacam-macam, namun dalam paket ini pan granulator memiliki ukuran 2.5 m.

Langkah berikutnya adalah pengeringan granul hingga mencapai kadar 4 persen hingga 12 persen ( standar Departemen Pertanian RI) atau hingga 20 persen ( bagi penggunaan sendiri). Setelah pengeringan kemudian feeder conveyor belt akan membawa ke pengayakan untuk memisahkan pupuk granul organik hingga lolos mesh 60 sampai 100.

Dan langkah terakhir, setelah sortir dan pengeringan adalah pengemasan pupuk organik granul. Ukuran kemasan bisa bermacam-macam, pilihan volume 5 kg, atau 10 kg. Kemasan juga bisa menggunakan karung PE dengan ukuran 25 - 30 kg.

Kandungan unsur hara P dan K dalam pupuk organik granul hanya 1 sampai 5 % saja mengingat bahan organik, berdasar pengalaman empiris dan bahkan penelitian, menunjukan bahwa kandungan organik tidak lebih dari 5 %.


13 komentar:

  1. Anonim03.35.00

    Bagaimana analisa usaha pupuk granul ini pak ? berapa untungnya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt siang pak saya ada rencan mau jual mesin granulator dar rotary dan mesin tepung lengkap tinggal pakai saja apabila berminat silakan hubungi saya ddengan candra 0818732178 mau jual cepat untuk yg blm bisa kamiu bisa mengajari sampai bisa membuat pupuk granul gampang kok

      Hapus
  2. Analisa usaha tergantung kondisi spesifik usaha pupuk organik granul akan dilaksanakan, dan tentu harus menggunakan kondisi setempat baru bisa disusun analisa usaha. bs anda hubungi konsultan studi kelayakan

    BalasHapus
  3. Anonim00.49.00

    Saya tertarik investasi pupuk organik granul dengan pertanyaan :

    1. apakah bisa langsung dari bahan sampah di kota ? kami rencanakan di pasar banyak limbah sayur dan makanan.

    2. Apakah dengan investasi ini bisa langsung mendapat kemitraan dengan pemasar PUSRI, Pertani dan BUMN lainnya ?

    Indra- Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya berminat jual mesin pupuk 1 set apabila berminat silakan hubungi saya candra 0818732178 di jamin murah soalnya dah mau pindah pabrik

      Hapus
  4. boleh nyari ilmu nggak ya

    BalasHapus
  5. Hub saja
    Sonson Garsoni, Ir
    E-mail: marketing @kencanaonline .com
    Situs Web: http://www.kencanaonline.com
    Pesan Instan
    Telpon: +62-22-4262235- 4262253
    HP: +62-81572527115
    Faks: +62-22-4214084-0811200132 ( Mobile)
    Jl Pungkur 115 B Bandung
    Bandung West Java 40251, Jawa Barat
    Indonesia

    BalasHapus
  6. Petani Indonesia04.46.00

    Rata - rata pabrik masih konvensional dan produk tidak bermutu qualitasnya!!!
    Bisa gak sih jual produk yang benar-benar baik qualitasnya?
    Mesin yang dipakaipun tidak mendukung terciptanya produk yang benar-benar berqualitas!

    Kasihan para teman-teman petani yang sering jadi obyek para pelaku Bisnis Mesin dan produk pupuk Organik...

    BalasHapus
  7. ada benarnya juga, seringkali karena persaingan lalu mengorbankan petani pengguna. Dari kalkulasi harga, jika harga granul < Rp 1000/ kg sebenarnya kurang masuk akal, jika isinya di kalim mengandung C-Organik > 20 %, C/N ratio < 20, mengandung NPK, dan juga hayati. Karena bahan baku yang baik, seperti kompos bermutu saja sudah Rp 1000/kg......

    BalasHapus
  8. Anonim20.55.00

    Saya mau jual cepat satu set mesin pembuat pupuk organik / MPK granul terdiri dari :

    Satu buah garnulator, satu buah pengering dengan panjang 12 meter mengunakan pemanas sistem burner, satu buah screener, satu buah kompresor. Dengan kondisi sangat baik dan siap dioperasikan. Kapasitas produksi 1 ton/jam.

    Mesin dapat dilihat di daerah Lampung Timur, harga sudah termasuk ongkos pasang kembali dan training cara pengoperasian. Harga tersebut diluar biaya trasnportasi pindah mesin dan akomdasi tukang/trainer. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi raymond di 081384582612

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijual berapa pak..?
      Silahkan di Smskan Ke : 0821-9243-2226

      Hapus
  9. Anonim00.10.00

    DIJUAL CEPAT : 7Unit Mesin Pembuat PUPUK ORGANIK GRANULAR,Posis barang di Banyumas Jateng Hub : 0811 262 777

    BalasHapus
  10. Saya ada yang berminat jual mesin pupuk granulator 1 set lengkap mesin tepung, mesin granulator, mesin rotary dry 9 meter, mesin ayakan, mesin buner kompresor dll Di jual murah karena mau pindah lokasi berminat hubungi candra 0818732178 boleh telepon terlebih dulu

    BalasHapus

Silahkan beri komentar

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Memuat...

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.