3.8.08

Membuat Beras Sehat dengan Pupuk Organik

Pemupukan terpadu pada berbagai tanaman, termasuk pada padi sawah dalam menghasilkan beras adalah penggabungan input hara organik dan anorganik sekaligus. Tujuan pemupukan terpadu adalah pencapaian produktivitas padi (beras) sesuai kemampuan genetisnya sambil memelihara kandungan organik dalam tanah secara jangka panjang. Diketahui, seperti menurut Balai Besar Penelitian Sumberdaya Lahan Pertanian Bogor ( 2008) , 73% lahan pertanian Indonesia kandungan bahan organiknya rendah ( antara 0, 6-2% ) , 23% sedang ( bahan organik tanah 2-3% ) ; dan hanya 4% dari seluruh luasan lahan yang tergolong memiliki bahan organik tinggi ( lebih 4% ) . Kondisi ini sangat tidak menguntungkan bagi tanah pertanian di wilayah tropika yang diterpa curah hujan tinggi.

Pemanfaatan organik kompos secara kombinasi dengan pupuk anorganik secara terbatas, misalnya penggunaan Gramalet tablet dalam sistem budidaya tanaman, termasuk budidaya padi sawah, akan memberikan memiliki multi-manfaat. Disamping memepertahankan produktivitas beras, dari peranan nutrisi dari pupuk anorganik,  pemupukan terpadu akan memberikan minimal delapan fungsi utama bahan organik dalam tanah yaitu:

( 1) sebagai penyedia dan cadangan hara N, P, K, S dan hara mikro bagi tanaman, 

( 2) menaikkan nilai tukar kation ( KTK), 

( 3) menyediakan makanan bagi mikroba tanah,

( 4) meningkatkan kapasitas menyimpan air tanah, 

( 5) memperbaiki struktur tanah,

( 6) meningkatkan daya ikat agregasi tanah,

( 7) mencegah dampak pemampatan dan pemadatan tanah, serta

( 8) sebagai penyangga ( buffer) terhadap perubahan reaksi asam, alkalin atau salinitas.

Multifungsi tersebut bersifat interaktif, yang berdampak positif terhadap kesuburan secara fisik, biologis dan kimiawi tanah pertanian
Green Phoskko® Kompos (5 kg) adalah pupuk organik kompos dengan kandungan antara lain : NPK, makro sekunder (Mg,S,Ca) dan maksimum logam berat 50 ppm ditambah dengan additive bakteri pengikat N dan P dalam jumlah yang cukup bagi kepentingan memecahkan ikatan koloid hara dengan kimia lainnya dalam tanah. Bentuk atau penampilan produk sama dengan pupuk organik kompos pada umumnya, biasa digunakan untuk tanaman pekarangan atau pertamanan, tanaman sayur sayuran, tanaman pangan, ataupun tanaman perkebunan.

Green Phoskko® Kompos memiliki kegunaan antara lain sebagai berikut : memperbaiki sifat sifat fisika tanah seperti struktur, daya mengikat air dan porositas tanah, memperkaya hara tanah, baik makro maupun mikro, serta meningkatkan kesuburan tanah dengan menambah unsur hara tanaman dan melindungi tanah terhadap kerusakan karena erosi.

Green Phoskko® Kompos merupakan pupuk organik alami, sehingga penggunaannya sangat akrab dengan lingkungan. Bermanfaat dalam memperbaiki struktur tanah berlempung menjadi ringan, memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai, memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah sehingga timbulnya pori tanah tempat mengalirnya oksigen, mempertinggi daya ikat tanah akan unsur hara, memberi makanan bagi mikrobia baik bagi tanaman, menurunkan aktivitas mikroba patogen serta menambah daya ikat air tanah dicirikan oleh bentuk gembur dan tidak mengeras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Pupuk Organik

Cari Pupuk Organik

Info Katalog Online

http://www.kencanaonline.com adalah e-commerce yang menyediakan dan melayani penjualan secara online aneka produk " unique- healthy & eco friendly" bagi pendukungan pada pengelolaan sampah untuk sanitasi perkotaan menjadi pupuk organik. Pupuk organik selanjutnya mendukung perwujudan pertanian organik, pertanian berkelanjutan dan pengembangan komoditi dengan teknologi pemupukan terpadu.




Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik

Paket Teknologi Pembuatan Pupuk Organik
Komposter adalah media penyimpan bahan pupuk organik (kompos ) yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang akan menghasilkan pupuk organik. Bahan sampah organik ini akan mengandung nutrisi ( NPK, MgSCa dan Mikro Elemen) yang baik dan sedikit sekali mengandung logam berat (Fe, Al, Cu). Komposter ini baik digunakan bagi para hobbies tanaman dan pertamanan ( Type S sampai L) maupun yang secara profesional menjadi alat produksi kompos ( Rotary Klin ) dengan tujuan komersil. Paket Teknologi bagi tujuan komersial sebagai suatu Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) akan menghasilkan margin laba yang baik.

Pabrik Pupuk Organik Granul

Pabrik Pupuk Organik Granul
Investasi UKM dalam pembuatan pupuk organik granul kini bergairah setelah pemerintah memberikan subsidi bagi pembuatan pupuk organik. Inilah kali pertama lingkup kerja Lingkungan Hidup bertemu dengan Pertanian dalam menggarap masalah saampah kota- sebagai bahan organik yang berpotensi sangat besar dijadikan bahan pupuk - untuk dikembalikan ke desa.

Pertemuan Bisnis Organik Granul

Pertemuan Bisnis Organik Granul
Pertemuan pengusaha membahas peluang bisnis Organik Granul di Bandung berlangsung di Kadin Lounge. Komitmen investasi UKM akan membuka horison baru bahwa sampah kota akan sangat diperlukan bagi bahan baku pembuatan kompos dalam jumlah besar.

Trip Organik

Trip Organik
Wisata Organik atau Trip Organik "Posko Hijau" Bandung bertujuan mengenalkan aneka proses pembuatan bahan organik kompos hingga budidaya pertanian organik sampai mencicipi makanan serba sehat dan organik. Pesanan pada Trip Organik ini masih didasarkan atas Order, minimal Paket 25 Pax ( 25 Peserta by Micro Bus kapasitas 27 Seat). Dengan harga Rp 395.000,-/pax orang, peserta dapat melaksanakan sendiri pembuatan kompos sambil menikmati wisata unik di Bandung Selatan.